first journey in singapore

16 MEY 2014

Hobby saya emang traveling.
Tapi, Awalnya sy gak pernah bermimpi bakal bisa keluar Nengri.
Karena sy berpikir pasti mahal, dan butuh uang banyak.
Tapi ternyata itu smua enggak sperti yg sy bayangin kok,
cukup 4 jt.
Ini semua berawal dari kebiasaan, saya yg suka stalk blog orang. Browsing sana sini, trus denger2 crita temen yg udah pernah kesana.
Kebetulan juga dapet tiket murah dari Air asia, yang saya beli 6 bulan sebelum keberangkatan. Akhirnya sy membranikan diri ke Singapore.
Dengan berbekal catatan kecil yg sy resume di ambil dri2 cerita2 traveling dari berbagai blog.

Thanks Air Asia

Oke skian sambutannya,
tentu dong ya jangan panjang2, biar kalian ga keburu bosan bacanya.
Tanpa basa basi lgi saya bakalan certain pengalaman dan itinerary saya selama di Singapore. Semonga bisa jadi acuan ya buat kalian yg mau travelling ke singapore, walopun mungkin perjalan ku kurang sempuran. Hehehehehhee…….

Sebelum saya cerita perlu di informasikan persiapan dan perlengkapan sy sebelum ke Singapore :

1. Berbekal paspor
    Foto copy paspor, ktp.kk secukupnya kenapa??
    Inii sih cuman saran ya, namanya juga kita traveling.
    Jadi persiapan ini sih wajib ya.
    Kita nggak tau kan klo misalnya terjdi sesuatu.
    Misalnya pasfor hilang mudah2 han tidak ya hehhee….
    Sy Taruh acak di beberapa koper atau rangsel masing2 1 “
    seperti pepatah sedia payung sebelum hujan”
  2. Dan tentunya buku saku kecil Resume saya dari hasil kepo blog orang hehhe..

Day 1 ‘ 16 may 2014

Kali ini saya berangkat ber
6 dengan pacar dan 4 orang
teman saya.
Saya brangkat pukul. 06.30 AM, dari bandara ngurah rai denpasar bali.

Sebenernya sih tiket yang dulu saya boking jadwal nya 7.30 AM tapi entah kenapa karena ada sesuatu hal dan sebagainya mungkin dimajuin deh.

Hampir deh saya telat 30 menit. Lari teburu2 dengan nafas ngos2san, dan ditambah tampang temen2 yg rada2 marah krna saya telat hampir tertinggal pesawat. Dalam hati cuman bisa bilang MAaf.

CHANGI AIRPORT

Akhirnya sampai disingapore
Pkl 08.30 AM, waktu Singapore sama dengan waktu di bali Lho..
Setelah itu kami menuju ke bagian imigrasi, untuk mengisi form kedatangan dan wawancara , Sedikit kejadian sih di imigrasi petugasnya rada2 jutek gt.
Dan sy sempat dimarahi gara2 main Hp di depan dy sebelum sy di introgasi
agak tegang pertama “maklum ya ini baru pertama kali ke luar negri’ katrok hehehhhee…
Di imigrasi sih cuman ditanya maukemana? Tingal dimana? Berapa hari? Mau kemana aja?
Ya pokoknya suka2 dia deh setelah itu semua beres dan sy lolos.
Setelah itu kami ambil peta dan brousur2 lain nya di counter dekat imigrasi.
Kami menuju ke MRT station.
Lokasi setelah imigrasi belok kanan setelah itu akan terlihat monorail, yg akan mengantar kita ke terminal 3 tempat MRT station. sesampainya di MRT station sy membeli EZlink.

Sebelum ke cerita mari kita bahas EZLink. Apa itu EZlink?

EZlink itu seperti card untuk naik MRT maupun BUS.
ezlink ini praktis tinggal isi ulang klo habis, setiap naik MRT ato bus jangan lupa Tap kartu,masuk mupun saat keluar.

Dan Ezlink berlaku 7 thn looo..
x aj pngen ksna lg kan tnggal isi ulang, tapi ini jg bisa di return dengan deposite card 5 SGD harga kartuna 15 SGD.

Beli ezlink untuk info lebih lanjut tentang Ezlink bisa liat <a href="http://http://ezlink.com.sg/home-tourist “>disini

EZLINK CARD and MRT MAPs

Setelah itu kita menuju chinatown

CHINATOWNT
Getting There:

Naik MRT dari changi menuju line 1 hijau “pasir ris” setelah itu di pemberhentian ke 2 yaitu Tanah merah kita turun dan ganti MRT menuju MRT line2 warna sama hijau ”joo koon” sampai di station outram park (EW16/NE3) ganti MRT menuju MRT warna ungu line 7 “punggol” setelah itu turun di Chinatown station( NE4/DT19) 1 station dari outram park station.

CHINATOWN

Dari Chinatown station exit ke Chinatown people park.
keluar dari station mata kami disuguhi pemandangan, banyak dagang2 kerajinan dan makanan berderet.

Langkah demi langkah geret2 koper. karna capek jalan transfer sana sini naik MRT.
Penginapan kami sedikit jauh dari station setelah bertanya kesana kesini akhirnya ketemu juga.
Nama hostelnya YEss Chinatown PT Hotel.

Yang saya pesan lewat AGODA. Kamarnya sih biasa aja ya.
sy pesen yg private room, harganya permalam skitar 80 SGD = IDR. 800.000

Saya tidak terlalu membahas hotel ya.
Karena kami tiba pukul 11.00 dan belum bisa chekin karena check in nya jm 12.00, kami hanya boleh titip koper.

Sebelum perjalanan saya beli makan tepat dibawah hotel kami. Ada makanan enak pedagangnya ramah orang china2 gt, tapi bisa bahasa Indonesia hehehe…
Harga makannya 6 SGD “harganya mahal maklum ya ini Singapore bukan bali kalo dibali 5 piring x ya harga sgni”. dan gak boleh bawa minuman dari luar loo…..harus beli disana.

Setelah itu kami menuju universal studio Singapore.

Sentosa Island N Universal Studio Singapore
  Getting There:
Naik MRT tujuan Harbourfornt(NE1/CC29) setelah itu exit ke vivo city naik ke lantai 3 ke counter sky train untuk pilihan monoreal atau cable car. Dari sana bisa milih mau ke universal dengan monorail seharga 3 SGD bole pakek EZlink atau cable car seharga 20 SGD. Menuju sentosa island.

Saya memilih dengan cable car emang agak mahal sih.
karna pengen coba sensasi baru dngan kereta gantung kaca melayang di atas laut, yg belum ada di Indonesia hehhehhe.

Setelah sampai di sentoa island. lanjut lagi dengan menaiki shuttle bus menuju Universal studio.
Tapi kali ini saya tidak masuk ke USS nya, karena saya sampainya jm 3 sore jadi mutusin ga jadi masuk kasian duit harga tiket yg sampai 74 SGD.

Untuk info lebih lengkap tentang universal studio bisa dilihat disini

Kami hanya keliling sentosa island.
Disini panas sekali, hampir sama dengan Indonesia.
Haus terpaksa beli air harga na mahal bngt, 1 botol kecil 5 SGD busettt gilaa terpaksa beli 2 daripada mati kehausan. 😦
eh setelah itu baru liat kalo air isi ulang gratis itu ada di deket toilet song of the sea…. 

‘Tips = disingapore banyak ada air yg bisa langsung diminum kayak dispenser.
kita tinggal bawa botol kosong aj kemana2.
biasanya ada di deket2 toilet.
kalo di sentosa adanya di toilet deket song of the sea….lumayankan menghemat duit, soalna air di Singapore mahal2 hargana, 1,5 SGD alias 15.000 rupiah sebotol kecil.

UNIVERSAL STUDIO N SENTOSA
Setelah explore sentosa island. tujuan saya selanjutnya adalah ION orchad.
Karena pemandangan malemnya bagus, yg berada di kawasan orchad road.
Dan terkenal dengan kawasan elit dan barang2 bermerek.

saya kesana ber2 dengan pacar sy dan 4 tmn sy kembali ke hotel krna kecapean.
Sedikit cerita disepanjang perjalan saat naik MRT.
Sy sempat terpisah dengan pcr sy, krna sy terburu2 naik MRT yg alarm nya sudah bunyi sampe akhirna pintu ketutup dan pcr sy belum masuk, sy sendiri lah didalam MRT, untungnya otak sy cepet nangkep peta MRT.
Yg baru sehari dsana akhirna ketemu juga sama pcr di station berkutya, apa jadinya kalo saya nyasar sendiri disingapore.wkkakakak benar2 pengalaman yg menegangkan.

ION SKY AND ION ORCHAD

Ion Orchad/ Orcad Road N Ion sky
Getting There :
Dari Harbourfornt naik MRT jalur” punggol” line 7 warna ungu (NE17). Berhenti turun di dhoby ghaut station untuk ganti MRT line 4 warna merah tujuan” jurong east” setelah itu berhenti di orchard station (NS22) pemberhentian ke 2 setelah Dhoby ghaut.

ION SKY :
Counter tiket berada di lantai 3 ion orchad mall harga tiket 19 SGD untuk naik ke ion sky yg berada di lantai 56.

Tidak lama di ion orchard kami melanjutkan menuju ke suntec city mall… mau nonton “Fountain of Wealth Show ” yang jadwalnya pertunjukannya, pada pukul 8.30 pm and 9.00 pm.

Jangan sampe kelewatan ya pertunjukannya bagus.

Selain itu ada acara Touch Water lhoooooo ( Mitos katanya kalo kelilingin air mancur ini 3 x sambil nyentuh airnya, trus selese nyentuh sm ngelilingi kita ucapin doa n memohon permohonan psti akan terkabul** eettttss…..
ini mitos ya bole percaya bole enggak, tapi saya sendiri percaya kok hohoooo 😀 )……

jadwal nya pada pukul 9 am-12/ 2-30 pm/ 6pm
/7pm- 7.50 pm, 9.30-10 pm.

FOUNTAINT OF WEALTH SUNTEC CITY MALL

SUNTEC CITTY Mall
Getting There :
Naik MRT tujuan city hall trus exit city hall u/ menuju suntuk city mall melewati pertokoan city link dari city link ke suntec hanya 10 menit harus melewati penyebrangan sampai ke suntec city setelah di suntec city bisa ikuti petunjuk menuju “Fountain of Wealth’ yg berada dikawasan tersebut.

Setelah selese nonton, kita kembali ke hotel did daerah Chinatown, tapi selama perjalana ke hotel kita mampir dlu beli makan harganya ber2 15 SGD.

sambil berjalan2 mengelilingi Chinatown sebentar melihat lihat dagangan2 sekitar.
lalu lanjut menuju hotel jalan kaki 5 menit karena hotel kita emang di wilayah Chinatown.

Banyak sekali tempat makanan dan alat2 kerajinan, makanannya pun enak2.
OMG kita kecapean jalan gara2 kebanyakan jalan di station MRT yg buat tenaga ngos2 san serba jalan jauh.
kami akhirna kembali ke hotel.

Getting there :
naik MRT tujuan Chinatown (NE4/DT19) exit ke Chinatown people park.
Capek pegel kaki remuk sampe hotel.
Ok sekian untuk cerita hari ini next day2 ya…..mari tidur…….

FEES DAY 1 :

Hotel = 80 SGD
Mineral water = 5 SGD
Total = 150 SGD

Day 2‘ 17 may 2014’

Seperti biasa hari ini bangun pagi2 pkl 06.00 AM karna tujuan kami disini jalan2 dan bukan tidur. Hehehe….. bergegas mandi dan pergi pagi2 skli,berangkat dari hotel mengingat masi bnyak tempat yang belun di kunjungi. dengan waktu singkat hanya 3 hari disini, huhuuu…..

sebelum berangkat kami menyempatkan diri untuk sarapan “POP mie yang kita bawa dari indonesia di hotel, ya maklum ya kita backpacker jadi musti menghemat demi kelangsungan hidup.hihiiiiii…… 
Dari chinatown station sy memulai perjalanan tujuan sy yang pertama yaitu ST ANDREW’s CATEDRAL.

Sampai disana kita hanya hunting2 foto. Setelah itu sy lanjutkan perjalanan menuju suntec city mall lagi untuk explore suntec city sekalian cari makan siang karena kemarin tidak terlalu mengexplore suntec city.

karena suntec tepat berada di sekitar areal ST Andrew cathedral hanya butuh waktu 6 menit berjalan melewati station MRT.
Sesampainya disana saya mencari makanan sushi exspress. harganya murah dan ada gurita enak banget, sushi tei yg di bali kalah enaknya…

setelah kenyang kami lanjut kan perjalanan menuju ESLANADE. yg letaknya sangat dekat dengan suntec city km hanya berjalan kaki sebentar, setelah 1 jam disana.

sy melanjutkan perjalanan menuju merlion. yg berada di sebelah Esplanade cari pintu keluar kemudian belok kekiri maka akan melihat merlion.

Disana saya coba mencicipi ice cream Singapore yg kata orang2 enak, yg dijual bapak2 tua naik sepeda, rasanya beneran enak ternyata buat ketagihan. Hihii harganya sepotong 1 SGD.
Karena cuaca panas menyengat kami hanya bersante2 menikmati pinggiran sungai di marlion.. sesekali hunting foto di depan patung singa yang lagi muntah hehehhehe…..
kayaknya dia muntah gara2 enek liat muka sy. 😀

Di bawah jembatan itu ada dagang yang jualan snack sama minuman enak2 tapi harganya kalo dirupiahin bkin nangis.
beli air minum aj disini kyk beli nasi padang sepiring di Indonesia.

St endrew’s catedral
Esplanade

marlion
View from marina bay sands

GETTING THERE :

ESPLANADE : Naik MRT ke city hall station jalan kaki 10 menit menuju esplanade atau nik MRT ke ESPLANADE statin circle line station (Exit D) jalan underpass yang juga yang terkoneksi dengan beberapa mall yaitu citylink, raffles city,dan marina square.
BUS : jika menggunakan BUS bisa naik bus no 36,56,70m,97,111,133,162m,195,502,531,1N,2N,3N,4N,5N,6N,75,77,106,700A,857,960,961,NF1,NF2,NR5,NR6,NR7,NR8. Turun di pemberhentian bus di raffles avenue di luar pintu masuk esplanade.

MARLION PARK : Naik MRT ke RAFFLES palace MRT station (EW14/NS26) kemudian ke Singapore river dan belok kanan kea rah fullerton hotel kemudian menyebrangi fullerton road dan turun ke jalan sisi sungai di bawah jembatan esplanade.
Atau jika dari esplanade jalan di pintu masuk esplanade belok ke kiri menyebrang jembatan hingga sampai ke marlion.

SINGAPORE PLAYER :
Naik MRT turun di sation Promenade dan ambil exit A keluar dari station melihat persimpanagn masuk temasek avenue road sampai persimpangan berikutnya dan bisa lihat singapore flayer dari sebelah kiri..
Buka pkl 08.30 sd 10.30 pm harga 35 SGD

Setelah puas kita lanjutkan perjalanan menuju garden bay the bay dan marina bay sands,
art scene museum, helix brige, dan terakhir nonton lazer show di the marina bay promenade.

pertunjukannya gratis looo…. Keren ada lazer show gt di iringi lagu2 dan slide show na tentang kehidupan. pokok na kerenz dehh….

Saat perjalanan dari marlion menuju marina bay kita sempet Tanya sama kakek2, naik bus no brapa biar sampai ke marina bay? Karna marina bay dari marlion kelihatan nya gak terlalu jauh cuman harus muter jalan.
Makanya kita pilih cari Bus,
karena kalo turun ke MRT station kejauhan jalan,dan ternyata kakek itu ngasi pilihan ke kita buat jalan aja ke marina bay busettttt kata dia deket ga usah pakek bus,,, tpi bagi kita alamakkkkkk…
jauh + panas ckckckkk….
maklum ya kebiasaan orang indo dikit2 gas brum …gas brum ….tinggal gas aj.
jarang yg mau jalan, makanya disuru jalan segitu kita syock…kebiasaan manja hehhehheheh .

krna ga nemu jawaban dan takut nyasar ya ud pilihan terakhir musti ke station MRT terdekat yaitu esplanade melewat dalam gedung esplanade….

Menuju ke Marina bay station (NS27/CE3)..setelah itu ambil exit ke arah petunjuk Garden bay the bay..
ternyata marina bay ada jembatan penyebrangan looo..
Yang menghubungkan dengan GBTB(garden bay the bay)
Haus capek dan pegal semakin terasa iseng ke toilet dan di depan toilet saya menemukan dispenser alias free water.
ya udah deh berhubung sy selalu bawa botol kosongkemana2,
saya isi ulang penuh botol minum saya disana.

GARDEN BAY THE BAY

GBTB gratis ada beberapa spot tertentu yang berbayar seperti:

1. OCBC SKY (itu lo mengelilingi jalan seperti jembatan di atas pohon) harga tiket 10 SGD ato 100 IDR.

2. Flower Dome (tanaman saja)
    Tiket 20 SGD untuk dwasa sudah termasuk tiket cloud forest (koleksi tanaman di dalam gedung kaca raksasa

2. Untuk info lebih lanjut mengenai GBTB bisa lihat disini

3. GARDEN BAY THE BAY
    GETTING THERE:
    1. MRT jalur kuning turun di station bayfront (CEI) dan keluar exit B. dimana anda akan keluar dari area dragonfly I kingfisher lake.
    ATAU
    2. Naik MRT jalur merah turun di station marina bay (NS27) keluar Exit A dan lanjut naik bus No 400 (4 pemberhentian turun di marina gardens drive). Jika tidak ingin naik bus, jalan lah menuju exit GBTB. disana anda akan melihat jembatan penyebrangan pejalan kaki , yang menghubungkan GBTB dengan Marina bay sands.

Tidak terlalu lama kami Explore garden bay the bay.
karena hari sudah semakin sore.
Berhubung kaki uda tidak terasa kaki alias capek.
kita memutuskan tidak naik, dan menuju Marina bay,
untuk nonton lazer show ini Free Lhooo…

Jadwal lazer show marina bay.
Dimulai pukul, 19.30 yang di adakan 2x .
pertunjukannya hanya 30 menit.

Karna smpe nya di MBS masi jm 6 sore ya udah deh keliling MBS sebentar, di Area MBS terdapat ART SCIENCE MUSEUM, dan HELIX BRIDGE (jembatan pejalan kaki sekitar 280 meter sisi melingkar sangat unik.

Art science museum

Helix bridge

Bagus banget saat menjelang sore hari atau malam karena lampu2nya hidup, membuat jembatan semakin indah.

Setelah puas berfoto2 dan waktu menunjukkan 19.00, kami memutus kan kembali ke
THE SHOPPES menuju area promenade di MBS , buat nonton lazer show.

The shoppes Marina bay
Lazer show marina bay sands

Pertunjukannya sumpah bagus banget bagi yg ke Singapore wajib nonton ya, dijamin ga bakalan nyesel uda free pula.

GETTING THERE:
MARINA BAY SANDS :
1. Naik MRT turun di bayfront station (circle line) kemudian jalan kaki 10 menit
2. Promenade station (circle line) jalan kaki 15 menit
3. Marina bay sands station (north south line) jalan kaki15 menit.
4. Jika naik BUS No: 97,97E, 133, 133M, ,502,518(bus SBS transit) dan 106 halte bus ada di bayfornt avenue.

Setelah 30 menit berlalu kami kelelahan dan kembali ke hotel…..

FEES DAY 2 :
MEAL 3X : 20 SGD
ION SKY TICKET : 19 SGD
WATER : 3 SGD
Total : 42 SGD

DAY 3 ‘18 MAY 2014’

Hari ini hari terakhir ya,  sedih rasanya ingin berlama2 disini.
Seperti biasa kali ini kita bangun pagi2, karena masi banyak yang ingin kita kunjungi.
Berhubung tiket pesawat kita pukul 18.30
Temen2 sudah pada ngumpul dilobby,
Tapi sayang ternyata kita tertimpa sebuah kesialan dompet HP dll.. tmn salah satu tmn saya tertinggal di kamar dan kunci kamarnya pun di dalam, mungkin aj ya pintu nya lagi error..
ke kunci sendiri dengan susah payah panggil CS hotel nya.
yang ga standbay lgi disana nunggu itu 1 jm.
buat mnta kunci cadangan akhirnya kebuka juga 

Ya udah sekalian aja kita check out.
Dari Chinatown explore sebentar, buat beli oleh2 buat tmn2 dan keluarga saya.
Tidak terlalu banyak berbelanja disini hanya beli oleh2 mainan, buat keponakan saya divani yg paling cantik. yang sedang menunggu dirumah .

Dari sini kita lanjut menuju CLARKE QUAY.
Jika ingin berkunjung kesini sebaiknya pada malam hari.
disini banyak terdapat restaurant2 di pinggir sungai.
selain itu disini juga terdapat Singapore river.

singapore-clarke-quay-at-night844x300-night-cquay

CLARKE QUAY
Naik MRT turun di Clarke quay station (NE5) exit ke Clarke quay boat

Tidak lama disini kita melanjutkan perjalanan menuju ke little india.
Membeli oleh2 di MUSDAFA CENTER.
Disini segala macam oleh2 murah2 lhoo, di banding di china town.
Nyesel blanja oleh2 souvenir di china town.

Di musdafa center saya hanya hunting coklat, coklatnya disini murah2 dan beraneka rasa. Sangat whorted utuk belanja disini.

MUSDAFA CENTER
Getting There :
1.   Naik MRT turun di little india station (NE7). Turun dari sini berjalan lah ke arah exit jalan 50     meter kedepan, setelah keluar maka kita akan liat pasar2 tradisional penuh dengan orang india.
Setelah itu naik bus no 53.di halte terdekat. Turun lah di pemberhentian bus pertama lalu menyebrang jalan lah sekitar 300 meter maka akan melihat MUSdafa center,di sebrang jalan.
ATAU
2. Naik MRT tujuan FAreer park (NE8) exit lalu belok kanan menyebrang jalan ke depan 100 meter akan terlihat musdafa center sebelah per3an.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Bugis street.
Ini seperti pasar turi di surabaya…. Saya hanya berbelanja tas disini dan baju2 buat ayah,ibu,dan kakak,adik.

Disini emang murah2, di bandingkan di mall tapi juju saja harga baju2 disini sama aj sama di Indonesia IDR 100.000 jadi kalo untuk wisata belanja Singapore bukanlah tempat yang tepat.

BUGIS STREET
Getting there :
Naik MRT turun di BUGIS station exit kea rah bugis Street setelah keluar beloklah ke kanan lalu menyebrang maka anda akan tiba di bugis street market.

Di depan pintu akan anda lihat penjual2 food street yg enak2 dan berbagai macam jus buah.

Setelah puas berbelanja kami menuju changi airport dengan mrt.

From BUGIS TO CHANGI AIRPORT
Naik MRT jalur (east west line) kea rah pasir ris ssetelah itu turunlah di tanah merah station untuk ganti MRT ke MRT khusus yg menuju CHangi airport adalah pemberhentian terakhir. Pemberhentian ke 2 setelah tanah merah station.

Setibanya di changi airport kami menuju counter MRT teman sy berencana return Ezlink card.
Saya tidak return EZlink card saya karna sebagai kenang2ngan, hehehe siapa tau sebelum 7 tahun saya kembali kesini lagi .
Setelah itu kami menuju teriminal 1 karna counter check in air asia terdapat di terminal 1.
Setelah proses check in selese kami menuju pintu gate dan di umumkan delay 30 menit. * huhhhh menyebalkan
 oya selama delay bisa keliling2 bandara lhoo,,,
Di changi banyak fasilitas gratis seperti kursi pijat.
Sayangnya saya tidak bisa menikmati itu semua karena sudah masuk ke gate.
Pkl 19.00 pesawat take off  bye byeeee………Singapore 

arrived in bali tepat pukul : 21.00.
Sekiaan semoga bisa jadi acuan traveling kalian ya…
kalo ada kekurangan mohon di maklumi ya…